Skill Development Program For Rookie Employee

Senin – Selasa, 21 – 22 Juli 2008, pukul 09:00 – 16:30 WIB
Harris Hotel Tebet/The Park Lane Hotel Casablanca

Bonus Flashdisk 1 GB.

SDM yang muda, penuh semangat dan siap menghadapi tantangan adalah investasi awal yang sangat berharga bagi suatu organisasi / perusahaan.Tetapi jika melihat perkembangan persaingan Bisnis saat ini yang begitu ketat dan meng-global, maka kualifikasi SDM sebagai Human Capital khususnya yang Fresh-Graduate ataupun yang masih minim pengalaman (Rookie) perlu untuk didefinisi ulang.

Muda, penuh semangat dan siap menghadapi tantangan saja belumlah cukup untuk menghadapi tantangan perkembangan dunia bisnis saat ini. Dan saat ini yang diperlukan dari seorang Rookie’s yaitu seorang karyawan yang mampu mengelola dan mengembangkan keahlian (skill) dan kompetensi dirinya sendiri (mampu meng-empower dirinya sendiri) serta mampu mendukung Management Team dan perkembangan / perubahan organisasi (Organization Changes) dalam usahanya untuk beradaptasi dengan cepatnya perubahan permintaan pelanggan.

Program Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan skills & kompetensi para Rookie’s (Pemula) agar mereka bisa memberikan kontribusi yang bernilai tambah bagi Organisasi.

Program ini disampaikan untuk:

  • Memberikan / memperkenalkan Fundamental Mindset & Attitude agar bisa menghasilkan Continuous Improvement
  • Memberikan dasar-dasar meng-identifikasi problem yang terjadi di lapangan sebagai bahan bakar jalannya continuous improvement
  • Memperkenalkan Basic management tool sebagai bekal bagi peserta agar bisa melakukan improvement yang bernilai tambah
  • Memperkenalkan beberapa jenis keahlian (skill) dasar yang harus dimiliki dan dikuasai agar bisa mengingkatkan kompetensi
  • Memberikan dasar-dasar Problem-Solving Approaching
  • Memberikan dasar-dasar keahlian (skill) yang berhubungan dengan Teamwork & Management Activities

Metode Pelatihan :
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

Outline

  • BAGIAN PERTAMA : THE ORIENTATION
    • Background: Cerita tentang Sarjana Baru
    • Kwalitas Sarjana Baru – It’s an Iceberg
    • Apa kelebihan dan kekurangan anda
    • Apa Ekspektasi Perusahaan dan Orang tua anda
    • Apa sebenarnya Gap yang terjadi
    • Apa saja yang harus anda Lakukan
  • BAGIAN KEDUA : NEW PERSPECTIVE OF SKILLS AND COMPETENCIES
    • The New World: Apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi perubahan
      dunia
    • Apakah yang dimaksud dengan Skill & Competencies
    • Perubahan kebutuhan Skill saat ini
    • Self-Managing Skill – Standar baru skill karyawan
    • Mental dan Perilaku dasar yang dibutuhkan dalam pengembangan dan peningkatan
      Self-Managing Skill
    • The-3-Reals (Real Place/Real Things/Real Facts) – sebuah pendekatan
      fundamental dalam pengembangan dan peningkatan Self-Managing Skill
  • BAGIAN KETIGA : PROBLEM SOLVING SKILLS – A FUNDAMENTAL SKILLS FOR
    THE BEGINNERS (ROOKIE’s)

    • Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Problem/masalah
    • Mental dan perilaku yang dibutuhkan dalam pengidentifikasian suatu problem
    • Area Masalah (ditinjau dari QCDSM)
    • 7 langkah mendasar pemecahan Masalah
    • Macam-macam Konsep & Teknik Dasar Pemecahan Masalah (seperti 5W1H,
      5WHY dsb)
  • BAGIAN KEEMPAT : COMMUNICATION SKILL – THE MOST NATURAL VALUABLE SKILL
    THAT WILL FLY YOU

    • Mengapa Communication Skill begitu berharga
    • Format Dasar Komunikasi
    • Karakteristik dasar Komunikasi dan bagaimana meningkatkan kemampuan
      komunikasi anda
    • Komunikasi dan hubungannya dengan Teamwork
    • Koordinasi – Salah satu Management-Skill mendasar yang berbasis
      pada komunikasi

Who Should Attend ?
Public

Investasi : Rp 2.950.000,-
Include : Lunch, 2x Coffee Break, Modul,  & Certificate Of Accomplishment

Course Leader

Iwan Nova, MBA, CPIM
Pengalaman 17 tahun dalam bidang manufacturing beberapa perusahaan MNC seperti Mitsubishi Electric, Sony, Mattel, Pirelli Cables. Lulus dari ITB teknik elektro dan mendapatkan MBA dari Monash University, mendapatkan sertifikasi CPIM (Certified Production Inventory Management) yang dikeluarkan oleh APICS (American Production Inventory Control Society) pada tahun 2005. Pernah mengikuti berbagai short courses di manca negara seperti di Amerika, Malaysia, Jepang dan China. Ia telah men-deliver berbagai topik training dalam area operation management di berbagai perusahaan baik secara in house ataupun public.

Link lain : http://www.binamanajemen.com/view.php?course=96
Pendaftaran : http://www.binamanajemen.com/registration.php?course=96

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s