EFFECTIVE BUDGETING AND COST CONTROL : Planning & Controlling

Selasa – Rabu, 28 – 29 Oktober 2008, pukul 09:00 – 16:30 WIB
Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

: : BONUS ! ! FLASHDISK : :

Workshop Description
Budget merupakan suatu alat ajuan atau petunjuk bagi perusahaan dalam melakukan usahanya serta merupakan alat control. Tanpa adanya budget, perusahaan akan mengalami kesulitan. Budget bukan sekedar angka-angka yang tanpa makna yang dibuat berdasarkan forecast. Namun seringkali perusahaan tidak menyadarinya, atau membuat budget ala kadarnya, yang penting ada budget. Atau budget dibuat dengan hanya sekedar mengkompilasi angka-angka yang dikumpulkan dari setiap departement fungsional.

Dengan adanya budgeting, perusahaan akan mencoba memasukkan seluruh faktor yang mempengaruhi jalannya perusahaan hingga tujuan, strategi dan taktik dalam memenangkan persaingan. Dalam pelatihan ini akan dibahas bagaimana memperhitungkan external dan internal faktor dalam menentukan tujuan dan strategi, sehingga budget dapat dibuat dengan komprehensif.

TUJUAN WORKSHOP

  1. Memberikan pemahaman terhadap Definisi dan tujuan budgeting dalam sebuah perusahaan
    • Definisi dan tujuan budgeting dalam sebuah perusahaan
    • Konsep dan cycle budgeting
    • Tujuan dari Strategic Planning
  2. Memberikan konsep dan aplikasi dalam melakukan analisa strategi untuk kondisi internal dan external
  3. Memberikan pemahaman dan aplikasi dalam membuat budgeting secara detail dan bertahap
  4. Memberikan pemahaman dan aplikasi dalam membuat departemental budget
  5. Memberikan pemahaman untuk mengatur proses review dan approval budget secara efektif
  6. Memberikan pemahamana bagaimana menggunakan budget sebagai alat ukur kinerja
  7. Dapat memanfaatkan kesempatan untuk:
    • mendapatkan pemecahan masalah yang mungkin dihadapi berkaitan dengan topik bahasan
    • me-refresh/mereview kembali metode yang digunakan selama ini apakah sudah efektif atau masih mungkin disempurnakan
    • sharing experience dengan sesama peserta dan instruktur

METODE PELATIHAN :
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

Outline

  1. PRINSIP BUDGETING DAN COST CONTROL
    • Fungsi budget dan ruang lingkup budget
    • Tujuan, konsep dan proses budget
    • Performance evaluation
  2. LINKING THE TACTICAL BUDGET TO COMPANY STRATEGIC OBJECTIVES
    • Budgeting Cycle
    • Analisa external faktor dan asumsi dasar budget
    • Hubungan antara tujuan, strategi dan takctical budget dan merefleksikan dalam laporan keuangan
  3. THE REVENUE BUDGETING
    • Hubungan antara revenue dan strategy perusahaan
    • Membuat budget revenue secara komprehensif
    • Teknik aplikatif dalam mengevaluasi budget revenue
    • Contigency Plan
    • Revenue Budgeting Cycle dan Management Commitment
  4. THE OPERATING BUDGET
    • Langkah – langkah pembuatan operational budget
    • Menghitung Labor Hours Availibility dan Headcount Plan
    • Menghitung Budgeted Manufacturing Overhead Rates
  5. EXPENSE BUDGETING
    • Teknik membuat expense budget (competitive parity, percentage of sales, fixed sum per unit, previous profit, roi & task method)
    • Detail and completeness
    • Allocations from cost centers
    • Membuat budget selling expenses dan marketing expenses
    • Capital Expenditures Budgeting and Analysis
    • Cost Control dan Reporting Expenses
  6. MENYIAPKAN DEPARTMENTAL BUDGET
    • Konsep dan aplikasi spending budget
    • Meningkatkan keakurasian expenses budget
  7. PROSES APPROVAL BUDGET
    • Bagaimana review process yang efektif
    • Membuat contigency plan
    • Mengindentifikasikan reserve dalam budget
  8. PENGUKURAN KINERJA TERHADAP BUDGET
    • Variance analysis
    • Menentukan kapan budget harus direvisi
    • Takes to make analysis
  9. BEST PRACTICE IN COST CONTROL

Investasi : Rp 2.500.000,-
Include : Lunch, 2x Coffee Break, Modul, & Certificate Of Accomplishment

Course Leader

Ir. Slamet Afandi, MBA
Praktisi Manajemen Akunting dan keuangan serta manajemen perusahaan dengan jabatan yang pernah dipegang antara lain sebagai, Finance Director, Operational Director, Senior Manager dan Manager di beberapa perusahaan swasta nasional dan perusahaan konsultan. Aktif di Konsultan Management Asian Development Bank, Konsultan Management Inkindo dan merupakan Management Training Specialist di beberapa lembaga pelatihan.

Slamet afandi memperoleh gelar master of business administration dari IEU Institute of Management/Europan University majoring in Financial Controlling and Planning.

Tim Praktisi dan Pengajar BMI Training
Praktisi Manajemen Perusahaan, Akunting dan keuangan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan jabatan yang pernah dipegang antara lain sebagai, Operational Director, Finance Director, Financial Planning Manager, Finance and Accounting Manager, dan Accounting Manager.

Pernah bekerja di Nasional dan Multinasional terkemuka di Indonesia dan lulusan dari universitas terkemuka dari dalam dan luar negeri.

Link lain : http://www.binamanajemen.com/view.php?course=127
Pendaftaran : http://www.binamanajemen.com/registration.php?course=127

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s