Workshop Electronic Filing & Document Management System

Selasa, 16 Desember 2008, pukul 09:00 – 16:30 WIB
Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Workshop Description
Seiring berjalannya era perdagangan internasional dan globalisasi, dirasakan persaingan sangat kompetitif. Informasi yang lengkap dan akurat yang dihasilkan dari kegiatan atau transaksi organisasi memiliki peranan penting dalam dunia pemerintahan (Good Governance) dan bisnis. Pengelolaan informasi yang tepat guna diharapkan akan memberikan nilai lebih (value added), baik bagi organisasi pemerintah pusat, daerah maupun bisnis mutlak harus dikelola dengan sebaik-baiknya.

Arsip merupakan pertanggungjawaban kerja yang harus selalu dipelihara dirawat dan dilindungi keberadaannya. Namun tidak seluruh arsip diperlakukan sama karena arsip akan diperlakukan sesuai dengan nilai guna yang dikandungnya dan akan menjadi pusat ingatan yang akan menjadi referensi dalam hal-hal tertentu pada saat management mengambil keputusan.
Perlindungan keberadaan arsip telah diatur oleh Undang-undang No.7 Thn. 1971, tentang Ketentuan-ketentuan pokok kearsipan dan Undang-undang tersebut diberlakukan baik pada instansi Pemerintah maupun Swasta dan harus dilaksanakan. Instansi Pemerintah pada umumnya telah memberlakukan Undang-Undang tersebut namun Perusahaan swasta karena keterbatasan yang ada kurang memperioritaskan pengelolaan arsip.Sangat disadari bahwa Arsip akan selalu bertambah seiring dengan berkembangnya kegiatan organisasi dan kegiatan usaha sehingga pada saatnya akan merupakan beban bagaimana harus mengelolanya. Peraturan Pemerintah RI No. 34 tahun 1979, tentang Penyusutan Arsip merupakan solusi bagaimana menangani arsip.
Keterbatasan ruangan kerja telah merupakan masalah tersendiri belum termasuk ruangan untuk menempatkan arsip yang pada saat tertentu dikemudian hari merupakan masalah besar.

Peraturan Pemerintah No. 34/1979 merupakan jalan keluar agar penyimpanan arsip tidak akan merupakan masalah besar dikemudian hari tetapi harus selalu diwaspadai karena arsip akan selalu bertambah berdasarkan deret ukur sedangkan penyusutan berdasarkan deret hitung.
TUJUAN

Paket pendidikan dan pelatihan kearsipan ini diharapkan dapat :

  1. Meningkatkan kesadaran terhadap fungsi dan peranan arsip sebagai bukti akuntabilitas dan mendukung proses pengambilan keputusan pada organisasi baik pemerintah pusat, daerah maupun bisnis.
  2. Meningkatkan wawasan, dan pengetahuan di bidang kearsipan, sehingga terciptanya profesionalisme bagi pengelola arsip.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan keterampilan dibidang kearsipan, sehingga setelah mengikuti diklat dapat memberikan kontribusi bagi organisasi untuk mencapai efektifitas dan efisiensi kerja serta mengantisipasi hilangnya arsip/dokumen yang mempunyai nilai memori organisasi dan sumber

Outline

  1. Konsep dan pengenalan pengelolaan arsip dinamis secara elektronik dan peranannya dalam organisasi
  2. Pengenalan teknologi pengelolaan arsip elektronik baik software dan hardware
  3. Pengelolaan dokumen dengan bantuan teknologi informasi menggunakan buku agenda elektronik hingga distribusi dan disposisi
  4. Aspek penting dalam implementasi pengelolaan arsip secara digital dan aspek legalitasnya
  5. Perancangan dan penggunaan sistem dan struktur (penamaan, penyimpanan, dan pengendalian) arsip elektronik dengan software yang disediakan

Who Should Attend?

Secretary, Human Resources, Administration, Finance, Purchasing, Accounting dan yang terlibat dalam manajemen pengarsipan dan database.

Investasi : Rp 1.500.000,-
Include : Lunch, 2x Coffee Break, Modul, & Certificate Of Accomplishment

Course Leader

Ir. Kenny B. Lubis, M.Kom.
Kenny B Lubis, telah banyak menciptakan system kearsipan seperti di Elnusa Geosains, Pertamina, Asabri, dll. Saat ini beliau merupakan Senior Consultant Pada Binamajemen Indonesia dan Master dibidang Informasi Teknololgi di Universitas Indonesia. serta beliau aktif sebagai konsultan di bidang IT dan juga sebagai dosen pada beberapa Universitas terkemuka di Indonesia, salah satunya adalah Universitas Paramadina.

Link lain : http://www.binamanajemen.com/view.php?course=91
Pendaftaran : http://www.binamanajemen.com/registration.php?course=91

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s