PROFIT STRATEGY AND FINANCIAL PLANNING FOR ENTERPRISE BY MS.EXCEL

Workshop PROFIT STRATEGY AND FINANCIAL PLANNING FOR ENTERPRISE BY MS.EXCEL

Jumat – Sabtu, 17 – 18 April 2009, pukul 09:00 – 16:00 WIB

Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Bonus : Flashdisk.


 

Workshop Description

Ditengah situasi dimana definisi terhadap indutri semakin tidak jelas dan perkembangan informasi sedemikian cepat yang diikuti globalisasi mengakibatkan persaingan kearah yang disebut sebagai “chaos”, menuntut perusahaan untuk selalu antisipatif dalam mengambil keputusan keuangan agar dapat terus eksis dipasar yang sudah masuk dalam tahap turbulensi. Dalam memantau effektivitas pilihan alternatif strategi bisnis, diperlukan alat manajemen yang mampu memantau produktivitasnya. Bila anda adalah bagian dari perusahaan yang terlibat dalam meng-evaluasi kebijakan perusahaan maka pelatihan ini cocok untuk me-refresh dan meng-update pengetahuan dan pemahaman anda.

Dalam perkembangannya fungsi strategic dan perencanaan keuangan perusahaan mengalami beberapa tahapan yaitu dari hanya sebagai alat penaksir, kemudian berkembang sebagai plafon dan alat pengatur otorisasi hingga Perkembangan terakhir adalah sebagai alat bantu bagi effesiensi dan effektiviras kebijakan organisasi sehingga dapat meng-evaluasi kewajaran penyimpangan dari standar sehinga dapat membantu pihak pengambil keputusan dalam perusahaan.

Walaupun dalam cara penyajian laporan rugi/laba dan neraca yang dilaporkan dari segi akuntansi maupun anggaran tidak berbeda baik dari segi format maupun pendekatannya. Namun ada perbedaan mendasar yaitu anggaran menitik beratkan pada penanggung jawab dikeluarkannya seuatu biaya sedangkan dari segi akuntansi hanya sisi pemanfaatannya saja. Sehingga bila perusahaan ingin mencapai mencapai profit hal-hal lain yang perlu di-manage adalah cashflow perushaan, hutang usaha maupun hutang dagang serta fungsi biaya.
 

METODE PELATIHAN :

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif disertai dengan contoh-contoh prosedur proses.

MANFAAT PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat :

  • Peserta dapat mengaitkan struktur organisasi perusahan dengan perencanaan strategi perusahaan yang dievaluasi dari sisi effesiensi yang berdampak langsung pada profit perusahaan.
  • Mampu mensimulasikan (by Excel) pengunaan skenario melalui sensitifity analisis terhadap cash manajemen perusahaan
  • Mampu mengelola cash management perusahaan agar tercapai optimalisasi arus kas perusahaan, sehingga kelangsungan usaha organisasi bisa terkontrol

 

Course Outline

  1. Pengantar : Pengertian fungsi planning dan pengawasan, manfaat anggaran sebagai alat manajemen
  2. Pengertian dasar konsep biaya dan pendapatan, siklus arus dana di manufaktur, jasa dan distributor.
    (Keputusan-keputusan menyangkut keuangan, investasi dan operasi perusahaan)
  3. Struktur organisasi dan pengangaran biaya, forecast penjualan, anggaran produksi, bahan mentah tenaga kerja dan overhead dan evaluasinya.
  4. Kasus Perusahaan manufaktur yang bergerak pada minuman
    • Membuat proforma Balance sheet dan laba-rugi berdasarkan tahun lalu
    • Membuat pembanding antara metode cash basis vs acrual basis
    • Membuat anggaran material, tenaga kerja, overhead dan produksi
  5. Meng-analisa kasus dan menetapkan standard biaya berdasarkan pusat anggaran dan klasifikasinya.
  6. Implementasi kasus pada program excel (softcopy)
  7. Scenario manager dengan sensitivity analisis atas kasus
    • Aspek-aspek yang mempengaruhi cashflow
    • Kebijakan manajemen yang mempengaruhi cashflow perusahaan
    • Evaluasi dengan metode variance

 

Who should attend ?

Pengusaha, Pemilik perusahaan, direktur, pic pengembangan bisnis, dept. head financial planning and control, manager marketing perusahaan jasa, manufactur maupun distributor serta keuangan.

 

Investasi

  • Rp 2.500.000,-
  • Rp 2.350.000,- (Early Bird) untuk pembayaran sebelum tanggal 09 April 2009
  • Rp 4.500.000,- untuk pendaftaran group 2 orang peserta

Include : Lunch, 2x Coffee Break, Modul, & Certificate Of Accomplishment

 

Course Leader

S. GHANI SE, MM

Praktisi dan sekaligus juga pengajar untuk bidang-bidang keuangan dan kredit manajemen. Lebih dari 12 tahun menekuni dunia Kredit dan Marketing serta Business Development untuk sektor usaha jasa keuangan perbankan dan non-perbankan, penguasaannya dalam teknologi informatika membuatnya sangat produktif dan “fit” dengan kebutuhan akan perlunya penerapan tools-tools management untuk dapat diaplikasikan dalam bentuk konkrit bagi perusahaannya. Melalui kegiatan pelatihan dan in-housing training dibeberapa perusahaan semakin lebih memahami apa-apa yang menjadi kebutuhan utama perusahaan dimasa datang. Sering diminta mengisi inhousing training di perusahaannya sebagai trainer motivator membuatnya lebih mampu menyampaikan materi secara ringan, lugas dan menyenangkan.

 

Tim Praktisi dan Pengajar BMI Training

Praktisi Manajemen Perusahaan, Akunting dan keuangan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan jabatan yang pernah dipegang antara lain sebagai, Operational Director, Finance Director, Financial Planning Manager, Finance and Accounting Manager, dan Accounting Manager.

Pernah bekerja di Nasional dan Multinasional terkemuka di Indonesia dan lulusan dari universitas terkemuka dari dalam dan luar negeri.

 

Link lain : http://www.binamanajemen.com/view.php?course=206

Pendaftaran : http://www.binamanajemen.com/registration.php?course=206

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s