CREDIT CONTROL MANAGEMENT AND COLLECTION STRATEGY

Workshop CREDIT CONTROL MANAGEMENT AND COLLECTION STRATEGY

Kamis – Jumat, 9 – 10 Juli 2009, pukul 09:00 – 16:00 WIB

Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca


Workshop Description

Berawal dari strategi manajemen resiko yang tidak cocok dan situasi bisnis yang tidak menentu menyebabkan perusahaan mengalami kerugian dalam penjualannya, terutama masalah penjualan kredit yang tidak tertagih. Saat ini banyak perusahaan menaruh perhatian yang besar terhadap permasalahan penjualan credit dan collection. Karena penjualan tinggi tidak akan berarti apa-apa apabila tidak dapat tertagih. Perusahaan dituntut untuk mampu menganalisa dengan baik calon pelanggan dan pelanggan tetap. Bagaimana karakternya dan sebagainya untuk meminimalisir kerugian atas penjualan yang tidak tertagih. Dengan pengelolaan yang lebih profesional atas permasalahan penjualan kredit dan penagihan akan meningkatkan kinerja keuangan secara signifikan pada akhirnya meningkatkan kinerja perusahaan.

Training ini menggunakan metode pelatihan dengan memaparkan beragam praktek terbaik. Studi kasus dalam menyusun, mereview dan melaksanakan strategi penagihan. Difasilitasi instruktur yang memiliki pengalaman sebagai praktisi dan pengajar materi collection.

 

Metode Pelatihan :

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

 

Course Outline

  1. CREDIT CONTROL :
    • Analisa faktor resiko kredit, tingkat resiko dan exposure
    • Credit Terms, Limit dan Scoring
    • Pemetaan Karakteristik Pelanggan dan Kepentingan Strategi Perusahaan
    • Analisa dengan Laporan Keuangan dan tanpa Laporan Keuangan
    • Analisa Kualitatif
  2. COLLECTION STRATEGY :
    • Goals, Strategy dan Proses
    • Keterkaitan antara Strategi Penjualan dan Penagihan
    • Kebijakan dan Prosedur Penagihan
    • Teknik-Teknik Penagihan (Telepon, Surat, dan Kunjungan)
    • Aspek hukum
    • Memahami Karakter Pelanggan
      • Tipe-Tipe Pelanggan
      • Teknik Menghadapi Berbagai Tipe Pelanggan
      • Teknik Menghadapi Pelanggan Nakal
    • Langkah-Langkah Efektif dalam Penagihan dan Menghadapi Keberatan Pelanggan
    • Model Pengukuran Kinerja
  3. NEGOTIATION SKILL :
    • Dasar Negosiasi
    • Persiapan dan Proses Negosiasi
    • Komunikasi yang Efektif

Investasi

  • Rp 2.500.000,-
  • Rp 2.350.000,- (Early Bird) untuk pembayaran sebelum tanggal 01 Juli 2009
  • Rp 4.500.000,- untuk pendaftaran group 2 orang peserta

Include : Lunch, 2x Coffee Break, Modul, & Certificate Of Accomplishment

 

Course Leader 

R.A Taufik

Praktisi Debt Collection and Negotiation dengan jabatan terakhir sebagai manajer. Memiliki pengalaman di bidang debt collection dan negotiation skill lebih dari 20 tahun. Beliau pernah bekerja di Diners Club Indonesia, American Express Bank, Alcatel Corp, Soedarpo Corp, dan Krone & DeTeWe Repp Office. Beliua juga adalah profesional trainer di berbagai perusahaan dan Industri.

Ir. Slamet Afandi, MBA

Merupakan praktisi dan konsultan bisnis dan manajemen dengan kekhususan keuangan, akunting, operasi dan strategi bisnis, dan sistem pengendalian internal. Berkarir lama dan menimba pengalaman di sebuah lembaga keuangan bukan bank milik pemerintah yang mengkhususkan operasinya dalam venture capital dan management services, konsultan bisnis dan manajemen di beberapa proyek Asian Development Bank, Direktur Operasional dan Keuangan di perusahaan swasta nasional, dan aktif sampai saat ini sebagai konsultan bisnis dan manajemen pada perusahaan swasta dan BUMN. Yang bersangkutan merupakan Instruktur/Pembicara reguler berbagai pelatihan manajemen di berbagai lembaga pelatihan, dan juga staf pengajar (home base) di program Magister Manajemen, Magister Teknik Industri, dan Magister Teknik Mesin di Jakarta. Memperoleh gelar MBA dari IEU Institute Management/European University majoring in financial controlling and planning

Tim Praktisi dan Pengajar BMI Training

Praktisi Manajemen Perusahaan, Akunting dan keuangan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan jabatan yang pernah dipegang antara lain sebagai, Operational Director, Finance Director, Financial Planning Manager, Finance and Accounting Manager, dan Accounting Manager.

Pernah bekerja di Nasional dan Multinasional terkemuka di Indonesia dan lulusan dari universitas terkemuka dari dalam dan luar negeri.

Link lain : http://www.binamanajemen.com/view.php?course=119

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s