DEVELOPING PORTFOLIO BUDGET SYSTEM

Workshop DEVELOPING PORTFOLIO BUDGET SYSTEM

Kamis – Jumat, 10 – 11 September 2009, pukul 09:00 – 16:00 WIB

Harris Hotel, Tebet/The Park Lane Hotel, Casablanca

Bonus : BMI Exclusive Organizer Book


Workshop Decription

Dalam mengelola bisnis pilihan-pilihan sumber dana dan penggunaannya menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Dalam memantau effektivitas pilihan alternatif strategi bisnis, diperlukan alat manajemen yang mampu memantau produktivitasnya. Bila anda adalah bagian dari perusahaan yang terlibat dalam meng-evaluasi kebijakan perusahaan maka pelatihan ini cocok untuk me-refresh dan meng-update pengetahuan dan pemahaman anda.

Dalam perkembangannya fungsi strategic dan perencanaan keuangan perusahaan mengalami beberapa tahapan yaitu dari hanya sebagai alat penaksir, kemudian berkembang sebagai plafon dan alat pengatur otorisasi hingga Perkembangan terakhir adalah sebagai alat bantu bagi effesiensi dan effektiviras kebijakan organisasi sehingga dapat meng-evaluasi kewajaran penyimpangan dari standar sehinga dapat membantu pihak pengambil keputusan dalam perusahaan.

 

METODE PELATIHAN :

Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif disertai dengan contoh-contoh prosedur proses.

 

MANFAAT PELATIHAN

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta dapat :

  • Peserta dapat mengaitkan struktur organisasi perusahan dengan perencanaan strategi perusahaan yang dievaluasi dari sisi effesiensi yang berdampak langsung pada profit perusahaan.
  • Mampu mensimulasikan (by Excel) pengunaan skenario melalui sensitifity analisis terhadap cash manajemen perusahaan
  • Mampu mengelola cash management perusahaan agar tercapai optimalisasi arus kas perusahaan, sehingga kelangsungan usaha organisasi bisa terkontrol

 

ANALYSIS TOOLS :

  • Scenario Manager
  • Goal Seek
  • Tabel List
  • Problem Solver
 

Course Outline

  1. Budgeting Cycle and Proforma Balance
    • Planning Activities and Developing Budget
    • Budget Cycle
    • Output and report Budget
  2. Mengenal Excell sebagai program pengolah data yang modern
    • Men-design Inventory
    • Men-design Kas management
    • Men-design data antar worksheet
  3. Capital Budgeting
    • Relevant Cashflows in capital budget
    • Calculating the after-tax cashflow used
    • Payback Period, discounted payback, NPV, PI, IRR and ARR
  4. Forecasting technique
    • Percent of sales method is used to develop pro-forma
    • Financial statement and how to construct such statement in excel
    • Trend function for forecating sales or any other trend variable
    • Regression analysis with excel’s buit-in regression
  5. Developing budget using Ms. Excel (Tip’s and Trick)
    • Controlling cost & supplier using Excel
    • Data analysis (what if analysis)
    • Developing Chart for management
  6. Cash Budget with Excel
    • Calculate total cash collection and disbursement
    • Calculate expected ending cash balance and short term borrowing need
    • Determine the optimal timing of major cash expenditure
  7. Developing Pro-forma Balance sheet
  8. Understanding Macro function
  9. Developing Report
  10. Case Study

 

Who should attend ?

Pengusaha, Pemilik perusahaan, direktur, pic pengembangan bisnis, dept. head Marketing research, manager marketing perusahaan jasa, manufactur maupun distributor serta keuangan ataupun mereka yang ingin berwirausaha.

Investasi

  • Rp 2.500.000,-
  • Rp 2.350.000,- (Early Bird) untuk pembayaran sebelum tanggal 02 September 2009
  • Rp 4.500.000,- untuk pendaftaran group 2 orang peserta

Include : Lunch, 2x Coffee Break, Modul, & Certificate Of Accomplishment

 

Course Leader

S. GHANI SE, MM

Praktisi dan sekaligus juga pengajar untuk bidang-bidang keuangan dan kredit manajemen. Lebih dari 12 tahun menekuni dunia Kredit dan Marketing serta Business Development untuk sektor usaha jasa keuangan perbankan dan non-perbankan, penguasaannya dalam teknologi informatika membuatnya sangat produktif dan “fit” dengan kebutuhan akan perlunya penerapan tools-tools management untuk dapat diaplikasikan dalam bentuk konkrit bagi perusahaannya. Melalui kegiatan pelatihan dan in-housing training dibeberapa perusahaan semakin lebih memahami apa-apa yang menjadi kebutuhan utama perusahaan dimasa datang. Sering diminta mengisi inhousing training di perusahaannya sebagai trainer motivator membuatnya lebih mampu menyampaikan materi secara ringan, lugas dan menyenangkan.

Tim Praktisi dan Pengajar BMI Training

Praktisi Manajemen Perusahaan, Akunting dan keuangan dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dan jabatan yang pernah dipegang antara lain sebagai, Operational Director, Finance Director, Financial Planning Manager, Finance and Accounting Manager, dan Accounting Manager.

Pernah bekerja di Nasional dan Multinasional terkemuka di Indonesia dan lulusan dari universitas terkemuka dari dalam dan luar negeri.

Link lain : http://www.binamanajemen.com/view.php?course=251

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s